Pendanaan Langsung Hibah Nusantara Fund – Pilot 30 – Pengembangan Pusat Pendidikan Reforma Agraria Serikat Tani Tebo_Tampak Depan
Balai pendidikan tampak depan ©Serikat Tani Tebo
Balai Pendidikan Reforma Agraria Serikat Tani Tebo merupakan ruang kolektif sebagai wadah berbagai kegiatan pendidikan, ideologisasi, dan konsolidasi. Tempat inilah yang kemudian akan menjadi pusat pendidikan, diskusi, musyawarah, pemberdayaan perempuan, dan kegiatan-kegiatan bersama lainnya dalam mendorong dan memperbesar gerakan.

Pengembangan Pusat Pendidikan Rakyat – Serikat Tani Tebo di Dusun Tanjung Beringin, Jambi

bagikan:

Serikat Tani Tebo (STT) yang berdiri sejak tahun 2013 berada di Desa Lubuk Mandarsah Kec. Tengah Ilir Kab. Tebo- Jambi, saat ini merupakan salah satu Lokasi Prioritas Reforma Agraria. Sejak awal didirikan, STT memiliki perhatian dan komitmen besar dalam Pendidikan. Perhatian pemerintah akan pendidikan anak petani masih sangat minim. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan masa depan anak petani dan memastikan akses pendidikan formal, anggota STT bergotong-royong secara swadaya membangun sekolah.

Anggota STT telah membangun dua sekolah secara swadaya , yakni Madrasah dan Sekolah Dasar Jarak Jauh/Lokal Jarak Jauh. Lokasi kedua sekolah tersebut sekitar 1 km dari Dusun Tanjung Bringin, Tebo. Pembangunan akses jalan menuju ke sekolah tersebut juga dilakukan secara swadaya. Untuk Sekolah Dasar Jarak Jauh menginduk pada sekolah dasar negeri terdekat, yang berjarak 4 km.

Dokumentasi video proses pembangunan Balai Pendidikan ©Irmansyah – KPA Wilayah Jambi

Tidak cukup sampai disitu, STT kemudian merasa perlu untuk membangun ruang kolektif sebagai wadah berbagai kegiatan pendidikan, ideologisasi, dan konsolidasi. Tempat inilah yang kemudian akan menjadi pusat pendidikan, diskusi, musyawarah, pemberdayaan perempuan, dan kegiatan-kegiatan bersama lainnya dalam mendorong dan memperbesar gerakan. Untuk tujuan ini, pada akhir tahun 2021, KPA Wilayah Jambi dan pengurus STT melakukan diskusi tentang rencana pembangunan Balai Pendidikan Reforma Agraria.

STT dan anggota serikat melakukan musyawarah lanjutan dan mencapai kata sepakat untuk lokasi pembangunan di wilayah Dusun Tanjung Bringin, Desa Lubukmandarsah. Dalam perencanaan pembangunan balai, juga disepakati pembagian peran kerja dan jalan alternatif yang harus ditempuh untuk membawa material bangunan mengingat situasi medan yang kurang bersahabat.

Proses pembangunan dilakukan secara swadaya oleh seluruh anggota Serikat Tani Tebo. Kader-kader muda dan perempuan juga terlibat aktif dalam proses pembangunan, Kelompok Tani anggota yang intensif dalam melakukan pembangunan balai adalah Kelompok Tani Alam Lestari, karena balai berlokasi di wilayah Kelompok Tani ini. Pola kerja secara bergantian diterapkan agar tidak mengganggu aktivitas masing-masing anggota.

Balai pendidikan berukuran 12 x 7 meter ini dibangun selama kurang lebih 1 tahun. Dukungan Pendanaan Langsung Nusantara Fund dalam realisasi pembangunan Balai adalah satu bagian komplementer dalam segenap waktu, tenaga, pikiran, dan sumberdaya yang dicurahkan dalam kerja kolektif di lapangan untuk merealisasikan Balai. Kini Balai Pendidikan RAS telah berdiri di atas lahan anggota Serikat Tani Tebo yang diperjuangkan sejak tahun 2006 hingga sekarang dan merupakan balai pertama serikat tani anggota KPA yang dibangun di Jambi.

Di balai juga terdapat perpustakaan dengan bahan-bahan bacaan seperti buku anak, ilmu pengetahuan, sejarah, filsafat, dll yang bisa diakses oleh anggota maupun non anggota. Perpustakaan ini diharapkan dapat meningkatan pengetahuan bagi anak-anak petani anggota STT.

Kedepan, balai ini akan dimanfaatkan juga sebagai tempat pendidikan dan praktek keterampilan yang bisa mendukung kerja-kerja petani misalnya pembuatan pupuk organik padat maupun cair, dengan memanfaatkan bahan dari beberapa jenis tanaman di sekitar lokasi Serikat Tani Tebo.

TENTANG PROGRAM

Program:

Pengembangan Pusat Pendidikan Reforma Agraria Serikat Tani Tebo (STT), Jambi

Aktivitas:

Pembangunan pusat Pendidikan rakyat

Lokasi:

Dusun Tanjung Bringin Desa Lubukmandarsah, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Pelaksanaan:

01 s/d 31 Desember 2022

Pendamping:

Serikat Tani Tebo (STT) & KPA Wilayah Jambi

Masyarakat Adat & Komunitas Lokal:

Kelompok Tani Alam Lestari

Keyword:

Lokasi Prioritas Reforma Agraria; Pusat Pendidikan Rakyat; Pendidikan Anak; Kelompok Tani; Serikat Tani

Pendanaan Langsung:

Rp43.000.000,-

Target Jangka Panjang Nusantara Fund:

Pembentukan pusat-pusat “Pendidikan Rakyat” yang berfungsi untuk merevitalisasi, memulihkan, berinovasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kapasitas, kualitas pengetahuan dan keterampilan MAKL dalam mempertahankan, melindungi dan mengelola tanah, wilayah, dan sumber daya mereka.

Scroll to Top

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *