PENDANAAN LANGSUNG NUSANTARA FUND

LATAR BELAKANG – Pendanaan Langsung Nusantara Fund merupakan mekanisme dukungan atas berbagai upaya dan inisiatif kolektif dari Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal di Indonesia. Pendanaan Langsung Nusantara Fund diharapkan dapat menjawab permasalahan, urgensi, kebutuhan, dan situasi unik masing-masing Masyarakat Adat & Komunitas Lokal, sehingga dukungan pendanaan ini dapat bermanfaat secara langsung hingga tingkat tapak.

NOMINAL – Pendanaan Langsung Nusantara Fund adalah sebesar  hingga maksimal Rp.100.000.000,-

PENGUSUL – Pendanaan Langsung adalah Komunitas Lokal/ Kelompok Lokal / Organisasi Rakyat tingkat tapak (Masyarakat Adat, Petani, Nelayan, Perempuan, Generasi Muda, dll) di wilayah geografis Indonesia.

  1. Yang merupakan anggota, unsur, atau dampingan dari AMAN, KPA, dan WALHI;
  2. Yang bukan merupakan  anggota, unsur, atau dampingan dari AMAN, KPA , dan WALHI dan mendapatkan surat rekomendasi dari salah satu organisasi tersebut.

FORMAT PROPOSAL – Proposal yang diusulkan ditulis dalam Bahasa Indonesia dan harus menggunakan formulir standar yang disediakan. 

  • Formulir A1 adalah Proposal Pengajuan Pendanaan Langsung, yakni narasi program yang akan dilaksanakan, ringkasan kegiatan, lokasi, pelaksanaan, target, dll;
  • Formulir A2 adalah Berita Acara Pertemuan Masyarakat Adat / Komunitas Lokal;
  • Formulir A3 adalah Surat pernyataan penggunaan rekening bank langsung;
  • Formulir A4 adalah Format Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yakni informasi tentang rencana pembiayaan untuk pelaksanaan program
Scroll to Top